Bimtek Diklat BUMD : Strategi Manajemen Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD ) Untuk Meningkatkan PAD
Dengan Hormat
PENGANTAR

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah salah satu badan usaha yang seharusnya memiliki peran sangat penting dalam perputaran ekonomi sebuah daerah. BUMD didirikan oleh pemerintah daerah dengan beragam tujuan. Salah satunya adalah bisa menjadi profit center bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui penerimaan dividen. Pemerintah daerah sebagai pemilik BUMD tentu mengharapkan adanya pemasukan dari BUMD untuk meningkatan pendapatan daerah.

Selain itu, kehadiran BUMD diharapkan bisa membuka lapangan kerja, melakukan proteksi terhadap usaha kecil dan menengah serta sebagai pelaksana kebijakan pemerintah daerah dibidang ekonomi dan pembangunan. Di sisi lain, tentu ada tugas dan tanggungjawab untuk membantu tugas-tugas dalam pelayanan public sehingga masyarakat merasa terbantu oleh kehadiran pemerintah daerah melalui peran dan fungsi BUMD ini.

Namun dalam kenyataannya peran dan fungsi BUMN seolah hilang dan tidak dirasakan kehadirannya oleh masyarakat daerah. Badan Kerja Sama (BKS) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melansir saat ini jumlah BUMD seluruh Indonesia berjumlah 1.200 perusahaan dengan total omset mencapai Rp 500 triliun. Namun hanya 20% dari total BUMD ini yang berhasil menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Itupun 80% berasal dari sector perbankan. Selebihnya tidak jelas eksistensinya dalam membantu pembangunan daerah.

Tentu ini harus menjadi catatan yang penting bagi pemerintah daerah dan juga DPRD serta masyarakat untuk mendorong BUMD agar serius menjalankan tugas dan fungsinya dalam mendukung pembangunan daerah. Hal ini penting untuk terus disuarakan karena BUMD dibiayai oleh dana rakyat melalui pajak. BUMD tidak bisa terus menerus menjadi benalu bagi pemerintah daerah ketimbang memberikan manfaat dan solusi bagi pembangunan daerah itu sendiri.

Seminar ini memang dirancang secara khusus untuk membangun kembali BUMD sebagai salah satu kekuatan ekonomi daerah sebagaimana kesuksesan BUMN di tingkat nasional. Berbagai persoalan yang melanda BUMD termasuk lemahnya SDM, pengawasan yang longgar, intervensi birokrasi hingga lemahnya visi manajemen BUMD menjadi topic hangat yang akan digagas oleh para pembicara dalam seminar ini. Dengan demikian BUMD diharapkan bisa menjadi lokomotif perubahan pembangunan di masing-masing daerah di seluruh Indonesia.

TUJUAN Bimtek 

Bimtek  ini diselenggarakan dengan tujuan :

  • Untuk mendapatkan inspirasi dari para pakar manajemen dalam pengelolaan usaha dengan benar
  • Untuk mendapatkan pengetahuan baru dalam model kepemimpinan usaha di Indonesia
  • Mendapatkan informasi terkini tentang berbagai aspek kebijakan pemerintah dalam pengelolaan BUMD
  • Media tukar pengalaman antar praktisi manajemen BUMD di Indonesia
PESERTA BIMTEK 

Peserta yang diharapkan hadir adalah :

  • Direktur BUMD
  • Manajer BUMD
  • Pengamat Manajemen BUMD
  • Komisaris BUMD

Untuk itu para pejabat Instansi Pemerintahan Daerah baik Gubernur, Bupati, Walikota, maupun lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ) haruslah memiliki pengetahuan dan pemahaman yang optimal mengenai Opsi Di Atas untuk itu kami dari, Lembaga Studi Manajemen Akuntansi Keuangan Dan Pemerintahan  mengharapkan keikutsertaan Pemerintah Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota, Sekretariat Daerah serta SKPD terkait untuk mengikuti Bimtek Nasional

Informasi : Jadwal Dan Tanggal Pelaksanaan Silahkan Klik https://www.bimtekpemerintah.info/download-jadwal/

✅ Biaya Bimtek Sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah ) Sudah Termasuk Akomodasi Hotel 4 Hari 3 Malam
✅ Biaya Bimtek Non Akomodasi Hotel Rp. 3.500.000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)

  • FASILITAS 
  • Mendapat Pendidikan dan Pelatihan selama 2 hari
  • Mendapat Tanda Peserta Bimtek
  • Mendapat Tas Eksklusif
  • Mendapat Konsumsi (Coffe Break 2x dan Lunch 2x)
  • Mendapat Dinner 3x (bagi peserta yang menginap)
  • Mendapat Kelengkapan Bimtek (Pena/Pensil, Note Book dan Makalah Bimtek )
  • Mendapat Flasdisk 8 GB
  • Mendapat Dokumentasi Kegiatan
  • Antar Jemput Bandara – Khusus Grup Rombongan 8 Orang
  • Mendapat Sertifikat Bimtek PUSDIKLAT LSMAP

Kami juga melayani permintaan kegiatan inhouse training atau outbound training didaerah dengan waktu, tempat dan materi yang disesuaikan berdasarkan permintaan dengan minimal 15 orang peserta. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

☎ (021) 21202049
📱 0811-9229-577
📱 0812-3296-8157

Cara Pembayaran :
Transaksi secara Tunai saat Registrasi Pelatihan atau Transaksi secara Non Tunai

KCP JAKARTA GRAHA
Rupiah Account : 121-00-0738303-1
Account Name   : Lembaga Studi Manajemen Akuntansi Dan Pemerintahan
Untuk memudahkan anda untuk mengupdate jadwal bimtek maka kami lampirkan jadwal kegiatan bimtek diklat yang sengaja kami siapkan untuk bapak/ibu download.

JADWAL BIMTEK DIKLAT LSMAP TAHUN 2020